Organisasi

Profil Equestrian Club IPB

Equestrian Club IPB merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Insitut Pertanian Bogor yang bergerak untuk mewadahi minat mahasiswa dalam bidang olahraga berkuda, pendidikan serta kesehatan kuda. Equestrian Club IPB yang dahulunya bernama Sorcherry Riding Club (SRC) berdiri sejak 02 Oktober 2010 yang merupakan kelanjutan dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul “Terapi Berkuda (Hypoterapy) sebagai Media Stabilisasi Emosi Penyandang Autisme” oleh beberapa mahasiswa IPB yang dilaksanakan di Unit Rehabilitasi dan Reproduksi (URR) FKH IPB. Equestrian Club IPB resmi menjadi UKM pada tahun 2015 melalui tahap pendaftaran organisasi mahasiswa yang diadakan oleh Direktorat Kemahasiswaan IPB pada tahun tersebut.

Sejarah Organisasi

Asal kata Sorcherry yaitu sor dalam bahasa jawa artinya dibawah, sedangkan cherry = kersen = keres merupakan sebuah pohon jadi sorcherry merupakan sebuah klub berkuda yang berada dibawah pohon cherry. Sorcherry Riding Club dirintis oleh Danang Yulianto, SPt MSi dan dibawah bimbingan drh Amrozi, PhD dengan motto

“keep the riding spirit”

bermaksud agar jiwa semangat seorang rider selalu tetap terjaga. Setelah resmi menjadi UKM, Sorcherry Riding Club berubah nama menjadi Equestrian Club IPB.

Keluarga besar SRC 2010

Hingga kini, Equestrian Club IPB turut aktif dalam menggalakkan pendidikan dan olahraga berkuda serta pengabdian kepada masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi IPB. Tidak dapat dipungkiri bahwa kuda merupakan hewan yang unik dan menarik perhatian, hampir di setiap akhir pekan banyak civitas akademika maupun masyarakat umum yang berkunjung ke URR. Secara tidak langsung, Equestrian Club IPB menjadi sarana edukasi bagi masyarakat mengenai kuda.

Visi, Misi dan Tujuan Organisasi

Mengacu pada Grand Desain UKM Equestrian Club IPB tahun 2017 dan arah pengembangannya sebagai salah satu organisasi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakat dalam bidang olahraga dan pendidikan berkuda, maka Equestrian Club IPB memiliki visi, misi dan tujuan yakni

Visi

“Menjadi organisasi yang aktif dalam membentuk karakter anggota yang bertanggung jawab, dapat dipercaya dan gigih dalam mengembangkan pendidikan dan olahraga berkuda di Indonesia.”

Misi

  1. Memberikan pelayanan dan persebaran informasi terkait ilmu keperawatan dan manajemen pemeliharaan kuda bagi masyarakat.
  2. Meningkatkan rasa kekeluargaan dan rasa saling memiliki antar anggota Equestrian Club IPB.
  3. Menjaga kerjasama dan hubungan baik dengan pihak internal maupun eksternal Institut Pertanian Bogor.
  4. Meningkatkan partisipasi dan peran aktif mahasiswa dalam kejuaraan berkuda.

Tujuan

Equestrian Club bertujuan mempererat rasa kekeluargaan dan mendukung tercapainya TRIDHARMA Perguruan Tinggi dengan usaha yakni

  1. Membina dan meningkatkan kemampuan olahraga berkuda bagi anggota Equestrian Club melalui kegiatan pendidikan, latihan, bimbingan dan penyuluhan bagi mahasiswa IPB khususnya dan masyarakat umumnya.
  2. Membina dan meningkatkan kemampuan anggota dalam pemeliharaan kuda terutama bagi kepentingan olahraga berkuda.
  3. Menyelenggarakan dan mengikuti latihan olahraga berkuda.
  4. Mengikuti  perlombaan dan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang kemampuan anggota dalam olahraga berkuda.
  5. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pengembangan organisasi demi memupuk rasa persatuan dan kesatuan di kalangan anggota.
  6. Menyelenggarakan usaha dan kegiatan sosial melalui olahraga berkuda.

Keunggulan

Equestrian Club IPB merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang mengkombinasikan kegiatan olahraga, seni dan pendidikan. Satu-satunya unit yang memiliki akses terhadap kuda dan penggunaan lapangan di Unit Rehabilitasi Reproduksi (URR) dan dipercaya untuk mengatur manajemen penggunaan dan perawatan kuda. Kondisi lapang yang dinamis mengajarkan anggota Equestrian Club IPB untuk berpikir secara cepat dan tepat dalam menentukan keputusan terkait manajemen di lapangan.

Kerjasama

Equestrian Club IPB dan drh Amrozi selaku pembina memiliki reputasi yang baik di dunia kedokteran hewan dan olahraga berkuda Indonesia khususnya Jawa Barat. Kebutuhan untuk mengembangkan kompetensi anggotanya, mendorong Equestrian Club IPB untuk menjalin kerjasama dengan beberapa pihak. Equestrian Club IPB telah bekerjasama dengan Detasemen Kavaleri Berkuda (DENKAVKUD) Parongpong, Pegasus stable, Polsatwa, Pamulang stable, dan beberapa stable lainnya sebagai lokasi magang manajemen kuda dan riding anggota UKM.

PicsArt_09-12-06.33.59                PicsArt_09-12-06.57.46               PicsArt_09-12-07.05.41

Leave a Reply